Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 April 2015

Pemilihan Vendor Catering

Yup.. saya rasa hampir semua orang yang akan mengadakan hajatan setuju bahwa catering merupakan the-most-important-thing dalam sebuah acara. Kenapa? Karena semewah-mewahnya dekorasi pernikahan kamu, secantik-cantiknya riasan makeup kamu, tapi jika makanan yang kamu haturkan ke tamu nggak enak dilidah, yang ada tetep aja dicacat oleh tamu undangan. Karena itulah untuk hal yang satu ini, saya pilih dengan sangat hati-hati. Serta harus sering diskusi dengan bapak mama.

Vendor catering pertama yang saya hubungi adalah, salah satu catering terbaik di Surabaya, Sonokembang Catering. Saya rasa hampir semua orang Surabaya mengenal catering yang satu ini. Currently known as the most popular catering, Sonokembang memang terkenal dengan kualitas rasanya enaak banget, penataan meja dan dekorasi yang bagus, dan tentunya harga yang sedikit diatas rata-rata. Heheheh :D Saya sendiri pun sudah beberapa kali mencicipi rasa catering ini di pernikahan tetangga dan kerabat, dan saya akui rasa di setiap gigitan makanannya memang nendang banget! Berikut beberapa foto penataan meja dan dekorasi Sonokembang :

source : tiananana.blogspot.com

source : dinarisgettingmarried.files.wordpress.com

source : tiananana-weddingprep.blogspot.com

Saya menghubungi salah satu marketing Sonokembang segera setelah saya booking gedung di Masjid Al Akbar. Marketing sono kembang yang saya hubungi bernama Mbak Evi. Tidak lama setelah saya sms untuk meminta daftar harga, Mbak evi membalas sms dan menanyakan kapan dan dimana acara resepsi saya dilangsungkan, setelah saya jawab, beliau segera meng-email daftar harga sono kembang untuk paket pernikahan dengan estimasi tamu 1000 orang. Beberapa hari kemudian, mbak Evi ke rumah untuk memberikan proposal catering dan daftar harga. Berikut detail penawaran yang diajukan mbak Evi untuk acara resepsi saya :

Price List 2015
Menu prasmanan            : 800 porsi @ Rp 5x.000
Singapore Steamboat    : 400 porsi  @ Rp 1x.000
Kikil Lontong                   : 500 porsi  @ Rp 1x.000
Kambing Guling              : 3 ekor       @ Rp 1.xxx.000
Kebab Roll                      : 400 porsi  @ Rp 1x.000
Dimsum                           : 400 pors   @ Rp 1x.000
Dessert + air putih          : 300 porsi  @ Rp 1x.000
Nasi Box                          : 25 porsi    @ Rp 2x.000
Total untuk 1000 tamu    : Rp 8x.xxx.000 => Rp 8x.000/orang
*semua menu dapat diganti sesuai dengan keinginan*
*Maaf untuk harga pastinya saya xxx yah, untuk pastinya langsung hubungi marketingnya saja*

Saya nggak terlalu kaget dengan harga yang ditawarkan, karena yang didapat juga sebanding.. "ana rega ana rupa" begitulah orang-orang bilang..hehehhee
Saya belum berani ngambil keputusan, karena harus tanya dulu ke bapak mama. Dan setelah saya hubungi beliau, Bapak minta saya hunting vendor catering yang lain untuk perbandingan.

Sonokembang Catering
Alamat  : Embong Sonokembang No. 3 Surabaya
Telp       : 031.5344412 
website: sonokembang.co.id 
sales & Project Advisor : Evi (08124963249)

Baiklah vendor catering kedua yang saya hubungi, juga salah satu catering terbaik di Surabaya, Hidayah Catering. Saya menghubungi marketingnya, Mas Boby, untuk meminta daftar harga. Sama seperti mbak Evi Sonokembang, mas Boby juga menanyakan kapan dan dimana acara saya diadakan. Setelah saya jawab, beliau langsung menelepon saya. (Trust me, tidak semua vendor-vendor pernikahan mau langsung menelepon calon customernya) Dan sampai sekarang pun kami lebih sering berhubungan langsung telepon, daripada sms.hahahahha. Beberapa hari kemudian mas Bobby kerumah untuk mengirim surat penawaran dan daftar harganya. Berikut detail surat penawaran yang Mas Boby ajukan untuk acara saya (est. 1000 orang tamu) :

Price List 2015
Prasmanan (11 menu)
Prasmanan Sego Ndeso (11 menu)
Prasmanan Arabian Corner (9 menu)
Joglo : Lontong kikil, Tahu Campur, Bakso, D'creaps, Soto Ayam (masing-masing 200 porsi)
Bonus : Mie Teratai, Ice Cream Cone, Chocolate Fountain
Total untuk 1000 tamu  : Rp 6x.000.000 => Rp 6x.000/orang
*semua menu dapat diganti sesuai dengan keinginan*

Sejujurnya saya awalnya agak bingung membaca surat penawarannya. Kenapa menu nya banyak bangett.. apalagi yang banyak prasmanannya, bukan joglo/gubugnya. Padahal saya pribadi kalau ke acara nikahan teman, yang saya tuju pertama kali menu joglo nya, bukan prasmanannya. saya agak worried. Tapi mas Boby bilang lebih baik saya tester langsung di acara kliennya hidayah. Jadi saya bisa langsung merasakan makannya, dan melihat dekorasi penataan meja. Setelah beberapa kali janjian, akhirnya saya ditemani adik kandung saya yang doyan makan tester makanan. Pas waktu itu hidayah melayani acara resepsi di As Shofa Masjid Al Akbar, malam hari pula.. Jadi saya bisa sekalian lihat sikon kira-kira bagaimana kalo pas nikahan saya nanti. Berikut beberapa foto makanan dan penataan meja Hidayah Catering yang sempat saya foto :


pegawai catering tampak menata air mineral di meja

Hidayah menyediakan 2 buah pregola.

Kalau tidak salah, ini tatanan meja untuk menu prasmanan sego ndeso.
Pohon dengan daun putih merupakan dekorasi dari hidayah.

Aneka Es Buah. Es Manado, Dawet Ayu, dan Es Degan Leci.
Di samping kanannya, ada chocolate fountain.
Gubug Mie Teratai.

Saya dan adik saya mencoba beberapa makanan, saya nilai skala 1-10 (menurut selera kami), sebagai berikut :
Nasi goreng hongkong, udang saus mayo, cha brokoli Jamur+ayam (8/10)
Lasagna dan pastel tutup (5/10)
Es Manado dan chocolate fountain (8/10)
Gule kambing, Roti Jala, kebab dan soto ayam (9/10) Enak banget!
D'creaps (6/10)
Dawet ayu (4/10) Nanti di acara saya, saya pastikan menu ini tidak akan dihidangkan :))
Ice cream cone (7/10)
Zupa soup (6/10) Sebenarnya rasanya enak, tapi karena disajikan dalam kondisi kurang panas, roti di atas sup-nya menjadi keras dan susah untuk dimakan.
Dan ketika saya melihat VIP area nya, cuma tersedia 4 meja dan masing-masing meja ada 6 kursi.
Tapi serius deh, menu makanan yang dihidangkan banyak banget. Jadi bingung mau tester yang mana duluan. hhehehehhe.. Padahal kata mas Boby, makanan segini ini sudah termasuk paket 6x.000/orang, nggak ditambah-tambahin lagi. Wow! Saya jadi yakin pakai Hidayah Catering. Apalagi harga segitu sudah termasuk charge catering di gedung. FYI, kalau kalian pakai gedung di Masjid Al Akbar ada charge catering Rp 3000/porsi (th 2015). Saya  awalnya ngebayangin berapa juta yang harus saya bayar untuk charge doang. Untunglah Hidayah Catering yang menanggung charge nya. :D Senanglaah beban berkurang.

Selain itu mas Boby juga menanyakan apakah saya sudah menemukan rias pengantin. Saat itu saya masih galau, dan mas Boby langsung merekomendasikan Griya Kencana Ayu (telah saya bahas di postingan sebelumnya ) dan alhamdulillah cocok :) Sama seperti vendor rias, saya juga menanyakan setiap harinya berapa hajatan yang sanggup diterima oleh Hidayah. Dan Mas Boby bilang Hidayah hanya dapat menerima orderan untuk  3-4 Resepsi saja. Untuk itu saya harus booking segera, apalagi saya menikah di bulan Besar (tanggalan Jawa) yang berarti akan banyak hajatan pernikahan. 
Setelah saya diskusikan dengan orang tua, Bapak memutuskan untuk memakai Hidayah Catering instead ofthe famous Sonokembang Catering, di acara resepsi pernikahan saya bulan oktober. Kenapa? Karena faktor biaya.. Hehehehehe As you know, menghelat acara pernikahan memang butuh banyak biaya, dan 1/2 dari biaya tersebut untuk hidangan makanan saja. Apalagi Bapak saya memang nggak mau pesta pernikahan yang terlalu mewah. Yang sedang-sedang saja. Yang penting barokah. :D

Dan beberapa hari setelah test food, saya menghubungi mas Boby untuk deal memakai Hidayah. Untuk Ikat tangal saya DP 3JT. Alhamdulillah lega. Semoga makanan dan pelayanannya tidak mengecewakan..

Hidayah Catering Service
Alamat      : Jl. Bubutan 138 Surabaya
Telp           : 031.5462963
Website    : hidayah-catering.blogspot.com
Marketing : Boby (081235752861)

...... to be continue ....   #BRIDETOBE



7 komentar:

  1. Kapan-kapan klo ada saudara, teman atau kerabat lainnya silahkan dicoba Nandyca Catering – Jl. Puncak Jaya Ujung Kav.4 Dieng, MALANG - Contact Person : Ibu Eka Gautama (Arik) – Telp. 081333234123 – 082230019179 - Catering Malang - Terima kasih...

    BalasHapus
  2. Salam kenal dari Bali,
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi website kami di http://www.3daysphotography.com/
    Instagram https://www.instagram.com/threedaysphotography/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    BalasHapus
  3. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) .
    Get “Cashback up to 40jt NOW!!! Hanya booking fee 10jt kamu sudah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh!
    Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk :
    Gedung,
    Catering
    Dekorasi
    Rias & Busana/Bridal
    Photography
    Entertainment
    MC
    Wedding Car
    WO & Wedding Consultant
    Yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng nggak perlu ribet-ribet untuk urusin semuanya sendiri.
    For more detail info: 081218066818 Visca

    BalasHapus
  4. buat anda yang mau cari catering murah jangan lupa kunjungi BERKAH CATERING disana makannya juga lumayan, banyak promo tentunya pelayanannya itu. TOP BGT

    BalasHapus
  5. Dear calon pengantin...yang ingin melangsungkan pernikahan dan tidak perlu repot karena sudah 'ALL IN' + dapat FREE HONEYMOON KE JEPANG/BALI/MALDIVES
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan. Dapat apa sihh???

    - Gedung
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana atau Bridal
    - Entertainment
    - Photography,
    - WO 8 orang
    - Mobil Pengantin (ALPHARD)

    Segera hubungi marketing HIS Venue & WO by HIS K LINK TOWER. telp:0857 5241 5266, wa: 081554329946 (Aulia)

    BalasHapus
  6. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus
  7. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About Me

Ardila Novitasari. 23 years old. Indonesian. and I do Looove Travelling